Minggu, 12 Februari 2012


Tahun Baru Ke Tanjung Pinang...



Jalan jalan yang tidak terencana alias dadakan biasanya bisa terwujud…namun kebalikannya bila jauh-jauh hari di jadwalkan seringnya gatot..alias gagal total hihihi…seperti waktu lalu, sebenarnya gak ada planning, namun ngeliat abang & adek, yang hampir seminggu lebih liburan semester ditambah libur natal hanya dirumah aja kasihan rasanya… di rumah kegiatan mereka,kalo nggak maen sepeda ya,baca buku cerita ato juga menggambar...mungkin bosan juga buat mereka.

Hari jum’at, ngobrol-ngobrol via telpon dengan ayahnya pas jam kerja di kantor..tiba-tiba muncul ide,”gimana kalo ke pinang yuk,’? ngeliat acara kembang api, baca di koran sih, katanya pergantian tahun akan diwarnai pesta kembang api spektakuler seperti di pembukaan Sea Games XXVI Palembang 2011. Dimana kembang api akan dilepaskan ke udara dari 30 pompong dan satu tongkang besar di laut di depan Gedung Daerah.

Tanpa babibu,ayahnya langsung setuju…(lancar juga rayuanku,hahaha…) tapi liat sikon juga katanya, kalo hujan deras gak jadi, soalnya agak khawatir, kemarin gelombang laut sempat tinggi..dan banyak beberapa kapal penumpang atau pengangkut barang yang menunda perjalanan mereka.

Seperti biasa,kalo mo bawa pasukan krucil buat jalan-jalan,entah jauh ato dekat, gak pernah kukasih tau sebelumnya, biar mereka gak sibuk..dan kalo tak jadi pun biar gak bising juga,tuh jurus ampuh biar aku gak pusing hehehe….

Akhirnya jadi juga kami pergi ke Pinang…secara pagi-pagi jam 5,anak-anak dah siap mandi,serta bawa bekal roti bakar isi telur plus mi goreng buat sarapan di ferry dan cukup tas 2 ransel dengan baju sedikit karena hanya menginap 1 malam je….lanjutttt!

Kami naik Ferry jam 9.10 lumayan masih pagi dengan cuaca cerah, kurang lebih hampir 1 jam akhirnya tiba di pinang, Alhamdulillah sampai dengan selamat hingga tujuan….

Rute pertama langsung cari hotel yang dekat dengan pelabuhan, supaya kemana mana dekat. Setelah muter,keluar masuk 4 hotel ternyata full semua..tapi ngeliat si kecil masih semangat jalan, ya udah terusin aja nyari hotel..dan Alhamdulillah dapat di hotel JoJo meskipun gak langsung bisa check in, karena saat itu full semua dan amoy receptionisnya bilang, sebentar lagi ada yang keluar..

yah terpaksa nunggu aja di loby, karena lokasinya strategis, di depan masjid raya klo mo sholat dekat,lalu sampingnya pujasera,ada juga Kfc.. pokoknya pas banget! lumayanlah, murah meriah,ukuran standar hanya dengan 120 ribu permalam dengan 1 bed besar, nyari yang ukuran deluxe family habisss..semua, ya sutralah ambil aja….sebenarnya yang lebih bagus masih banyak,cuma agak jauh sedikit…

Setelah check in, lalu dilanjutkan makan siang dulu, soalnya ku tengok wajah si Denok dah kelaparan..hehehe

Makan siang cukup disamping hotel, Nasi Padang…wah lumayan enak masakannya ato memang kelaparan ya ? hahaha….habis tu, karena cuaca siang panas banget, jadi istirahat tidur siang dulu di hotel,baru sorenya jalan-jalan…

Alhamdulillah anak-anak bisa tidur nyenyak, ternyata kami cuma bertiga, pantesan gak sempit hahaha..rupanya ayahnya ke masjid dengerin ceramah ustad dari Palestina ,yang menceritakan kondisi Palestina sekarang yang masih menderita, akibat serangan Israel. Semoga saja konflik di Palestina segera berakhir!!

Sorenya kami naik angkot dengan tujuan melihat - lihat kota Tanjung Pinang yang juga sebagai Ibu kota Propinsi kepulauan Riau dimana mayoritas penduduknya adalah melayu dan chinesse, setelah puas berkeliling kami melanjutkan perjalanan ke Tugu Pencil, di tempat itu merupakan taman bermain untuk keluarga dan terdapat beberapa penjual makanan..lumayan ramai tempatnya, karena terletak di pinggir laut jadi menambah indah pemandangan…sampai shella pun gak mau di ajak pulang..:D

Acara puncak yang ditunggu-tunggu buat nonton kembang api dah dekat, kami keluar dari hotel sekitar jam 22.00 malam… Ternyata di jalan raya pun, sudah dipadati antrean mobil dan motor serta pejalan kaki termasuk kami..dengan menyusuri kemacetan, akhirnya sampai juga di halaman Gedung Daerah dekat pelantar…Wah ramai banget suasana, diwarnai dengan aksi Band, ada juga pentas seni budaya, dan hiburan tahun baru ini juga diisi oleh puluhan penyair dari Kepri dan Riau.

Sayang,kan untuk di lewatkan hehehe….

Pekikan terompet dimana-mana menambah semarak suasana malam…Dan Akhirnya tepat jam 24.00 teng….mulailah acara perayaan kembang api di penghujung tahun 2011…

Rute keesokan harinya, di minggu pagi, kami melanjutkan ke Pulau Penyengat, bagi anak –anakku, ini adalah pengalaman yang pertama kalinya ke Pulau tersebut , dimana Pulau Penyengat adalah merupakan peninggalan Kerajaan Islam dahulu kala, dan beberapa bangunan bersejarahpun masih kokoh berdiri hingga sekarang.

Dengan menggunakan pompong yang ongkosnya hanya 5000,- perorang, dan berbekal otak-otak goreng yang beli di sepanjang jalan menuju pelantar yang ternyata enak juga rasanya, sehingga menambah asik perjalanan ke Pulau Penyengat.

Karena bertepatan hari libur anak sekolah,jadi di penuhi oleh para pengunjung dari penduduk local maupun dari luar Tanjung Pinang…biar lebih mantap jalan-jalannya, kami keiling Pulau Penyengat dengan menggunakan Bemor alias becak motor, dan berhenti di tempat-tempat bersejarah seperti makam, dan beberapa bangunan tempo dulu ,meskipun hanya dari Bemor, karena si Denok ngambek, tak mau turun karena sudah kepanasan hehehe …..


Setelah puas berkeliling di Penyengat, dilanjutkan kembali ke pinang..dengan rute terakhir,jalan-jalan menyusuri pasar tradisional,tujuannya mencari ikan teri , Tanjung Pinang memang tempatnya berbagai macam ikan asin,jadi sungguh sayang kalo dilewatkan sodara…hehehe...

Akhirnya beli ikan teri medan,ikan teri sedang,kerupuk ikan, otak otak…kamipun menuju ke hotel untuk check out..dan hari minggu itu juga kami pulang ke Batam, yang pasti I’m so Happy.. melihat ke dua anakku puas dengan liburan kali ini…:D

Bye Bye..Tanjung Pinang :D



Tidak ada komentar: